Jumat, 10 Oktober 2008

WS EU : Marketing by Pak Hartono

Jumat 15 Agustus 08 adalah hari ulang tahun istri saya. Selamat ulang tahun Vit. Saya belum bisa memberi apa-apa, tapi saya yakin tahun depan saya bisa memberi sesuatu yg spesial untuk hadiah ulang tahunnya.

Dan sorenya, saya berangkat ke workshop EU saya yg pertama. Topik kali ini adalah marketing. Dibawakan oleh Pak Hartono, BBS. Direktur Owabong, Purbalingga. Objek wisata air di purbalingga milik pemda yg dikelola secara profesional. Materinya trik trik yg dilakukan oleh pak Hartono dan tim untuk memasarkan owabong yg awalnya hanya kolam pemandian kecil, menjadi objek wisata yg menargetkan jumlah pengunjung 1,250,000 pengunjung/tahun dengan target setoran 28M ke kas pemda. Luar biasa.

Beliau dahulunya karyawan sanyo, yg nekat mengundurkan diri karena dipanas panasi pak Purdi. Dan selanjutnya, menurut beliau, pak Purdi ga mo tanggung jawab. Hehehe.. Angkatan pertama EU di jogja dan angkatan pertama di Jakarta. Mimpi beliau selanjutnya adalah wooden nusantara, kawasan wisata dengan tempat penginapan rumah tradisional seindonesia. Tidak hanya fisik bangunan, tapi soulnya. Jadi sarapannya juga disesuaikan dengan jenis rumah yg di-inapi.

Point-point yg saya tangkap adalah :

Siapapun kita, tempatkan kita sebagai orang 'yang menjual' (gagasan, produk, jasa, perusahaan, diri dll).

Apapun kondisinya, buatlah sesuatu yg menguntungkan.

Intisari dari marketing adalah bagaimana kita memperkenalkan , menawarkan , menjual  mamfaat dan kegunaan dari produk atau jasa bagi pelanggan. Bukan bagi perusahaan kita.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar