Jumat, 15 Agustus 2008

Seminar Cara GILA Menjadi Pengusaha

Saya tau seminar ini dari brosur iklan yg dikirim ke rumah bareng dengan koran pagi. Pucuk dicinta ulam tiba, saya sudah lama mendengar EU, bergabung dengan milis EU tapi ga tau harus ngapain lagi.

Tiket 150rb, jika dibayar sebelum hari H 125rb. Saya lagi cekak. Ya, walau saya kerja, duit serasa tidak akrab. Hanya ketemu sebulan sekali. Akhirnya, gesek lagi. Saya beli di gramedia.

Hari H, 08-08-08, di hotel Papandayan, dengan acara nyasar dulu saya sampai di tempat. Peserta lumayan banyak. Saya mengambil posisi duduk di baris kedua dari depan. Yang membuka acara kang Rangga. Dari penampilan bersemangatnya sudah meyakinkan bahwa dia udah jadi bos ^_^ Dan memang dia bos yg memiliki franchise Pecel Lele Lela. Waktu pulang saya sempet ngobrol sebentar dengan beliau, tentang bagaimana menghadapi pasangan yg kurang yakin dengan semangat usaha kita ^_^ Santai saja, kalo otak kanan kita sudah jalan, pasti ada jalannya, kata beliau.

Pembicara utamanya adalah pak Rully Kustandar. Orang bandung juga, tapi udah sukses. Pernah dinobatkan sebagai franchisee terbaik 2007, memiliki usaha autobridal di bsd. Dan usaha usaha lainnya. Juga punya circle-K di bogor, yg kebetulan saya tau banget tempatnya, soalnya deket dengan kantor cabang yg di bogor. Dan beliau jagonya soal property, bagaimana membeli property tanpa duit, malah dapat untung, dsb. Luar biasa.

Beliau cerita, lepas sma, kerja di perusahaan asuransi di jakarta, sebagai operator komputer, sampai akhirnya bisa jadi manajer IT nya. Padahal, kuliah ga beres. Sampai akhirnya mengundurkan diri, untuk jadi pengusaha, dengan pesangon 400jt. Dari duit segitu, bikin usaha konsultan IT. Tapi belum berhasil, malah duitnya sisa 11jt lagi. Akhirnya ikut seminar seperti ini, dan dengan modal 10jt, membeli franchise autobridal d bsd.  Dan dari yg harusnya bayar 700jt untuk franchise tersebut, beliau hanya mengeluarkan duit ya 10jt itu.

Oke, sekarang materi di seminar tersebut. Taglinenya adalah : BISNIS SEMUDAH MASUK KAMAR MANDI. Maksudnya ya kalo mo masuk kamar mandi ya ga usah banyak mikir, masuk dulu. Ntar kurang apa, baru cari lagi. Atau tinggal teriak aja, 'tolong handuk!' Hehehe...  Ga nyekolah style.

Kalo mo sukses usaha, atau pun dalam hidup, salah satu point penting adalah ZAKAT. Seperti pak Rully waktu curhat ke pak Purdi, modal 400jt abis, tinggal 11jt. Kata pak Purdi, mungkin dulu kurang zakat, sekarang kan sudah dibayar, berlebih pula. Lucu, tapi membuat saya tersentak. Ya.. saya kurang zakat, walau sering memberi ke orang, tapi kurang IKHLAS. Ini kata kunci yg lain.

Otak manusia terdiri dari otak kiri dan otak kanan. Otak kiri terhubung dengan anggota badan sebelah kanan, otak kanan terhubung dengan anggota badan sebelah kiri. Otak kiri berhubungan dengan hafalan, rasional, hitungan, yg exact. Otak kanan berhubungan dengan seni, irrasional, intuisi, non exact. Dan untuk berbisnis, harus lebih memakai otak kanan dulu. Ini karena kalo mo bisnis, harus punya impian dulu. Punya tujuan dulu. Punya keberanian untuk memulai, setelah nyemplung, otomatis otak kiri harus dipakai, agar bisnisnya bisa survive. Ini yg menyebabkan kalau kita sering mengasah otak kanan, otomatis otak kiri akan terasah pula. Tidak dengan sebaliknya.

Tips untuk hidup dari pak Rully :

1. Jangan jadikan diri korban. Jangan suka menyalahkan orang lain atau keadaan ketika kita gagal. Karena hujan, pelanggan kurang. Karena dia saya begini.

2. Hati-hati dengan pikiran karena apapun yg kita pikirkan, PASTI TERJADI. Ini dijelaskan dengan Law of Attraction ^_^

3. Bersyukur. Karena dengan bersyukur bisa menimbulkan rasa yg menyenangkan. Orang yg selalu merasa senang, akan lebih gampang berhasil.

4. Fokus pada yg diinginkan. Bukan pada yg tidak diinginkan. Karena berhubungan dengan yg point 2.

5. Mimpi harus terukur. Cara untuk mempercepat pencapaian mimpi :

  • Visualisasikan

  • Fisikkan

  • Bertindak seolah-olah


6. Memberi, beda dengan berkorban. Dan ingat kata kuncinya IKHLAS.

Produk agar diterima harus ada  differensiasi dan kemasan yg beda.

Pelanggan ada 2 yaitu emosional buyer dan rasional buyer. Dan kalau sampai punya emosional buyer akan akan bagus bagi bisnis kita.

Bedakan antara in bisnis dan on bisnis. Setelah kita kembangkan bisnis kita, kita involve langsung di bisnis kita (in bisnis). Setelah beres, segera delegasikan dan pindah jadi on bisnis. Jadi kita bisa mengembangkan bisnis yg lain lagi.

Kata kunci saat berpartner : KOMUNIKASI.

Dalam berbisnis, harus selalu improvisasi, misal : bayar seikhlasnya, minum gratis dll. Mintalah umpan balik dari pelanggan. Dari situ bisa untuk mengembangkan inovasi baru.

Dalam berbisnis, ingatlah dengan ilmu PUASA. Selalu ada bedug buka ^_^ Demikian kalo kita dapat cobaan, rintangan saat berbisnis, ingat selalu ada akhir sukses yg menjelang.

Tips property :

1. Jangan jual property, tapi nikmati kenaikan harganya. Kenaikan property min 10%/thn.

2. Jangan beli sesuai kemampuan, belilah diatas kemampuan.

3. Cintailah TRANSAKSINYA -> cari untung lebihnya saat beli.

  • Harga murah

  • Tempat strategis

  • Pertumbuhan > 12% lihat dari PBB

  • Cashflow -> bikin dia bayar sendiri


note : Cari yg sedang  BU CPT, bagi waris, gono gini misalnya.

tips lain : jangan tawar di survey pertama, menghindari tawaran emosional
cari tau harganya, dari pbb, njop, survey kanan kiri, jasa karyawan penaksir
jangan mengeluarkan angka pertama, agar kita bisa menawar lagi.

Catatan: seminar ini murah, dibandingkan dengan wawasan yg ditawarkan. Dan dikemas menarik, untuk 'menjual' workshop EUnya :D Bisnis tetep harus ada yg dibayar. Dan (secara materi) saya membayar harga awal itu. Masih ada 'harga-harga' lain, dan saya akan bayar itu juga demi menjadi PENGUSAHA SUKSES!

3 komentar:

  1. sangat inspirasional..thanks..saya jadi punya wawasan baru setelah membaca tulisan anda. Saya juga sedang mencoba untuk membuat usaha sendiri di bidang IT

    BalasHapus
  2. mas strato,

    saya sekedar menuliskan pengalaman, untuk diigat ingat saya sendiri, tapi kalau ada yg bisa mengambil mamfaat, alhamdullilah sekali. setidaknya membuat saya kembali teringat materi yg dulu.

    makasih udah mampir, sukses dengan usahanya.
    point lain yg sedang saya usahakan jalankan: jangan segan segan membuka pintu rejeki bagi sesama, insyaallah pintu rejeki kita pun akan terbuka lebar. amin....

    BalasHapus
  3. kata rosul lagi...dari sekian 100% bisnis, 95%nya itu duagang!

    BalasHapus