Jumat, 07 Agustus 2009

Acara Ulangtahun Trijaya FM Bandung

7 Agustus 09. Baru pulang dari acara puncak peringatan ulangtahun radio Trijaya 91,3FM Bandung. Diadakan di Rumah Cafe di jalan Taman Cibenying Selatan. Acara dimulai jam 19.00, saya agak terlambat. Terlambat ikutan acara makan makannya :) , karena ga lama saya sampai acara yg sebenarnya dimulai, cuman kebagian air cup di akhir acara.

Acaran utamanya adalah mengupas 5 rahasia sukses bisnis UKM yg dibawakan oleh pak Fauzi Rahmanto. 5 rahasia tersebut adalah : mimpi, ceruk, tim, system, dan pengungkit. Masing masing topik dibahas perminggu sebelumnya secara siaran online di Trijaya FM, dan rahasia terakhir pengungkit dibahas di acara offair, sambil review 4 rahasia sebelumnya secara sekilas.

Seperti yg dikatakan oleh pak Fauzi, 5 rahasia ini adalah framework yg kira kira harus dilakukan oleh UKM untuk sukses. Pointnya tidak ada yg baru sebenarnya, karena sebelumnya pun sudah pernah tau dan baca. Tapi kalau dirangkum seperti ini tentu lebih ‘nyambung’ dan jadi lebih ngeh. Karena pak Fauzi juga mengakui kalau tidak semua point point ini adalah buah pikirannya, tapi disarikan dari berbagai pengetahuan dan pengalamannya selaku pengusaha sukses. Supaya bagaimana pemikiran dari ‘barat’ semisal leveraging ala Brad Sugar dari australia coba ‘dibumikan’ oleh pak Fauzi sehingga lebih cocok dengan indonesia.

Saya jujur ga ngikutin siaran onlinenya, dikarenakan (alasannnn hehehe) kesibukan. Tapi beliau janji softcopy akan dishare karena banyaknya permintaan. Saya pribadi malah membayangkan sari sari pikiran ini dibukukan. Tentunya akan menarik.

Saya banyak manggut manggut selama pemaparan pak Fauzi. Karena sebagai pelaku UKM baru, saya banyak mengalami hal yg dibahas. Walaupun sekilas sekilas, tapi koq semuanya kealaman. Mimpi saya dan partner. Trus gimana usaha saya ini harus bersaing dengan usaha besar yg sudah ada. Fokus pada ceruk. Nah ceruk ini yg harus dicari. Ceruk ini juga dibahas pas acara kemaren, yg diadakan oleh KADIN Bandung di hotel Narapati tentang Manajemen Usaha. Nah, 2 hari berturut turut ada topik yg sama, kayaknya ini sebuah ‘tanda tanda’ untuk saya untuk fokus memecahkan hal ini. Karena setiap saya bilang usaha saya ini, responnya pasti ohhh yg itu ya? Sambil menyebut merek usaha pionir. Hehehe..

Point lain misalnya tentang sistem. Bagaimana permasalahan dengan karyawan. Bagaimana menyamakan visi owner dan karyawan misalnya. Owner ingin profit, karyawan ingin kesejahteraan, pelanggan ingin pelayanan.
Bahwa harus ada keseimbangan antara 3 ini.

Siklus bisnis dari OWNER ke KARYAWAN ke CUSTOMER ke PERUSAHAAN balik ke OWNER membuka pikiran saya.

Ada lagi fakta tentang 10000 jam latihan untuk menjadi fasih pada satu bidang. Saya baru berapa persennya ya? Hahaha…

Sip, setiap hari ada ilmu baru yg didapat. Alhamdulliah. Pasti bermamfaat. Dan harus dijalankan. Karena seperti kata Larry Winget di bukunya Shut Up, Stop Whining and Get A Life, di dunia ini hanya ada 2 fakta, DIJALANKAN atau TIDAK DIJALANKAN. Tdak ada sebenarnya itu kalimat : saya akan berusaha. DIJALANKAN atau TIDAK. Thats all.

– sambil ngelirik berita liputan langsung pengepungan rumah Noordin M Top di tvOne, sing sukses pak Polisi!! –

Tidak ada komentar:

Posting Komentar