Minggu, 16 November 2008

Magang

Minggu, 16 November 08, saya mulai magang di salah satu toko pak Haji di ATECE.
Jam 7.15 saya berangkat dari rumah dengan niat belajar sungguh sungguh. Sampai di tempat, ternyata toko belum buka. Berkenalan dengan pak Agus, security di sana. Ngobrol tentang usaha sambil menunggu teh Ana datang.

Kurang lebih jam 7.45 teh Ana datang, saya mulai bantu bantu dorong etalase toko. Di sana 1 orang bisa megang sampai 2-5 toko sekaligus! Hal ini karena emang frekwensi transaksi belum full. Selain toko peci, ada toko bunga imitasi, toko sajadah, juga toko busana mustim, toko tas, dan toko kaos distro.

Setelah beberes, ngelap kaca etalase (lumayan keringatan, keliatan jarang olahraganya), mulai mencatat transaksi hari sebelumnya. Ada 3 buku, rekap perhari pertoko, perhari seluruh toko, dan kartu stok (jaring jaring disebutnya).

Berkenalan dengan pegawai pak Haji yg lainnya, mba Nur, si kembar Angga-Anggi, mas Asbi, dan mas Arifin. Saya malah dipinjemi buku cerita sahabat rasul oleh mas Arifin. Istri beliau sedang hamil 8 bulanan pula. Pengetahuan agamanya luas, jadi saya belajar juga pada beliau, dari riwayat Nabi sampai cara mengasuh anak islami.

Sungguh hal yg bikin ga kuat adalah perasaan ngantuknya, ketika ga ada kegiatan lain, selain membaca buku. Ada beberapa yg datang, tapi transaksi belum terjadi. Harus banyak bersabar, itu juga pesan pak Haji pada pegawainya jika ada yg ngadu toko sepi. Ya, SABAR adalah kata kuncinya.

Bada ashar saya pamit, rasanya tidak ada lagi yg bisa saya bantu bantu disana. Insyaallah, sabtu depan saya bisa belajar lagi di sana.

Dody

Tidak ada komentar:

Posting Komentar